RSS

Apa Sih Matematika Itu???

31 Des

Banyak orang membicarakan tentang Matematika, mulai dari hal yang berkaitan dengan matematika, guru matematika, olimpiade Matematika, dan yang paling sering adalah bahwa Matematika masih menjadi momok dalam Ujian Nasional di Indonesia, serta masih banyak lagi yang lainnya. Ketika seseorang ditanya mengenai apa sih Matematika itu? Hal yang pertama terlintas dalam pikiran tiap orang adalah pelajaran yang penuh dengan angka, operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan beberapa rumus yang rumit didalamnya.

Jadi, mari kita cari tahu sebenarnya APA SIH MATEMATIKA ITU?

Menurut Wikipedia Indonesia, Matematika berasal dari bahasa Yunani yang berarti studi besaran, struktur, ruang, relasi, perubahan, dan beraneka topik pola, bentuk, dan entitas. Carl Friedrich Gauss mengatakan Matematika sebagai “Ratunya Ilmu Pengetahuan” sehingga hal ini mengindikasikan bahwa Matematika adalah suatu ilmu pengetahuan. 

Matematika memiliki empat pokok bahasan atau kajian meliputi pengkajian besaran yaitu aritmatika, pengkajian struktur yaitu aljabar, pengkajian ruang yaitu geometri, serta pengkajian perubahan yaitu analisis. Matematika juga terus berkembang dengan lahirnya disiplin statistik, kalkulus, matrik, dan lain-lain.

Pada umumnya banyak orang mengenal Matematika dengan satu cabangnya saja yaitu aritmatika atau ilmu hitung yang secara informal didefinisikan sebagai ilmu tentang bilangan yang bisa langsung diperoleh dari bilangan-bilangan bulat melalui beberapa operasi dasar yang meliputi tambah, kurang, kali dan bagi. Matematika adalah persoalan bagi setiap orang dimana tidak ada perbedaan kemampuan antara laki-laki dan perempuan. Artinya, laki-laki dan perempuan mempunyai potensi kekuatan yang sama dalam bidang Matematika.

Matematika merupakan kemampuan penting yang kita pasti membutuhkannya di masa mendatang untuk menghadapi dunia teknologi. Misalnya saja keberadaan kalkulator dan komputer yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang juga menggunakan ilmu Matematika sebagai dasar pembuatannya. Sehingga, sangatlah penting bagi kita untuk mendorong generasi muda untuk berperan sebagai seorang ahli matematika yang dapat memecahkan persoalan secara terperinci.

Nah, sedikit banyak kita sudah mengenal apa itu Matematika yang katanya adalah ratunya Ilmu Pengetahuan.  Kita juga  sudah tahu bahwa Matematika adalah ilmu yang penting untuk dipelajari dan dikuasai, sehingga sudah seharusnya mulai kini kita menyukai Matematika… ^_^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 31, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: