RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

08 Jan

Berikut ini contoh salah satu RPP yang saya gunakan waktu saya PPL di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta,

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                : SMK Muhammadiyah 1 Surakarta

Mata Pelajaran              : Matematika

Kelas / Semester           : X / 1

Alokasi Waktu                :  2 x pertemuan (6 x 30 menit)

Standar Kompetensi    : 13. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar        :  1.3.2 Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika

Indikator                          :

1. Mendiskripsikan barisan dan deret   aritmatika berdasarkan ciri-cirinya.

2. Menentukan suku ke-n barisan aritmatika menggunakan  n rumus

3.  Menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika menggunakan n rumus.

A.     Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mendiskripsikan barisan dan deret   aritmatika berdasarkan ciri- cirinya.

2. Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan aritmatika menggunakan  n rumus

3. Siswa dapat  menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika menggunakan n rumus.

B.     Materi Pembelajaran

1. Barisan aritmatika

Barisan aritmetika adalah barisan bilangan yang selisih dua suku yang berurutan selalu mempunyai nilai yang tetap ( konstan ).

2.     Deret aritmatika

Deret aritmatika  adalah suatu deret yang merupakan penjumlahan berurut dari suku suku barisan aritmatika .

C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, Tanya Jawab, pemberian tugas dengan kerja individu

D.    Langkah-langkah Pembelajaran

1.   Pertemuan Pertama

TAHAPAN

KEGIATAN GURU SISWA

PENDIDIKAN KARAKTER

WAKTU

KEGIATAN AWAL–      Berdoa-      Salam dan tegur sapa-      Mengecek kehadiran siswa

–      Prolog / apersepsi

–   Guru bersama siswa berdoa bersama sama-   Guru memberi salam-   Guru mengabsen siswa

–   Guru mengarahkan persepi siswa

–     Iman dan taqwa-    Santun dan peduli-    Empati

–    Kreatif, percaya diri

5      menit
KEGIATAN INTI–       Eksplorasi-      Elaborasi-      Konfirmasi –   Guru bersama siswa mengingat kembali mengenai pla ilangan dan deret-   Siswa menyampaikan informasi mengenai barisan aritmatika-   Guru menugasi siswa untuk menyimak materi yang akan dipelajari.

–   Guru menjelaskan sedikit tentang materi

–   Guru memberi contoh soal dan menjelaskan cara penyelesaian soal disertai sedikit Tanya jawab

–   Siswa mengkomunikasikan secara lisan mengenai barisan aritmatika

–   Guru memberikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa

–   Siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan dan mempresentasikan di depan

–   guru bersama siswa mengevauasi hasil belajar siswa

–    Rasa ingin tahu-    Disiplin, tanggung jawab, perhatian-    Menghormati, perhatian rasa ingin tahu

–    Perhatian tertib, tanggung jawab

–    Perhatian,menghargai, rasa ingin tahu, disiplin

–    Percaya diri

–  kerja sama, tanggung jawab

– percaya diri, tanggung jawab

–    Perhatian, jujur

10 menit10 menit15  menit

10 menit

30  menit

PENUTUP –   Siswa bersama guru membuat kesimpulan-   Guru memberi tugas rumah –    Tanggung jawab 10 menit

 

2.    Pertemuan kedua

TAHAPAN

KEGIATAN GURU SISWA

PENDIDIKAN KARAKTER

WAKTU

KEGIATAN AWAL–  Berdoa-  Salam dan tegur sapa-  Mengecek kehadiran siswa

–  Prolog / apersepsi

–   Guru bersama siswa berdoa bersama sama-   Guru memberi salam-   Guru mengabsen siswa

–   Guru mengarahkan persepi siswa

–     Iman dan taqwa-    Santun dan peduli-    Empati

–    Kreatif, percaya diri

5      menit
KEGIATAN INTI–   Eksplorasi-  Elaborasi-  Konfirmasi –   Guru bersama siswa mengingat kembali mengenai  barisan aritmatika-   Siswa menyampaikan informasi mengenai deret aritmatika-   Guru menugasi siswa untuk menyimak materi yang akan dipelajari.

–   Guru menjelaskan sedikit tentang materi

–   Guru memberi contoh soal dan menjelaskan cara penyelesaian soal disertai sedikit Tanya jawab

–   Siswa mengkomunikasikan secara lisan mengenai barisan aritmatika

–   Guru memberikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa

–   Siswa diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan dan mempresentasikan di depan

–   guru bersama siswa mengevauasi hasil belajar siswa

–    Rasa ingin tahu-    Disiplin, tanggung jawab, perhatian-    Menghormati, perhatian rasa ingin tahu

–    Perhatian tertib, tanggung jawab

–    Perhatian,menghargai, rasa ingin tahu, disiplin

–    Percaya diri

–  kerja sama, tanggung jawab

– percaya diri, tanggung jawab

–    Perhatian, jujur

10 menit10 menit15  menit

10 menit

30  menit

PENUTUP –   Siswa bersama guru membuat kesimpulan-   Guru memberi tugas rumah –    Tanggung jawab 10 menit

E. Alat dan sumber Belajar

  • Sumber: 1. Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas XI      Karangan To’ali

2. Buku Matematika Program Teknologi, Kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan MAK Kelas XI Erlangga

  • Alat      :  LCD, papan tulis, spidol, penghapus

F.                  Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menentukan suku ke-n barisan aritmatika menggunakan  n rumus
  • Siswa dapat menentukan suku ke-n barisan aritmatika menggunakan  n rumus
  • Siswa dapat  menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika menggunakan n rumus.

 

 

 

 

 

Tes tertulis Tes uraian 1. a. Tentukan suku ke – 6 dari   barisan aritmetika 2 , 4 , 6 , 8 , …b. Tentukan suku ke-21 jika diketahui suku ke-5 dan suku ke-9 barisan aritmatika adalah 35 dan 43!2. a. Carilah jumlah 10 sukupertama dari  unsur-unsur

deret aritmatika berikut ini :

b.  Carilah jumlah dari deret 3 + 8    + 13 + … + 93

c.    Suatu Auditorium akan digunakan untuk seminar. Baris pertama memuat 30 kursi. Baris kedua memuat 36 kursi, dan seterusnya bertambah 6 kursi. Berapa jumlah kursi yang ada, jika dalam Auditorium tersebut terdapat 9 baris?


Ketentuan Penilaian :

Masing-masing point

1.      Siswa menjawab dengan cara yang benar dan jawaban benar skor maksimal 10

2.      Siswa menjawab dengan cara yang benar namun jawaban salah skor maksimal 8

3.      Siswa hanya menjawab dengan jawaban saja skor 5

4.      Siswa hanya menulis apa yang dikatahui dan yang ditanyakan skor 1

Nilai  Akhir    = 2 x Jumlah Skor

= 2 x 50

= 100

                                                                      Mengetahui,

Guru Pamong Matematika

SMK Muhammadiyah 1 Surakarta

(Erlina Farida, S.T.)

                NIP :

Surakarta, 13 September 2011

Praktikan,

( Tia Fifi Lestari )

NIM : A.410080217

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 8, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: