RSS

Sejarah dipakainya “x” untuk mencari sesuatu yang Belum Diketahui

08 Jan

Ketika kita belajar tentang Matematika apalagi mengenai aljabar, persamaan linear, persamaan kuadrat, trigonometri, atau materi-materi Matematika yang lainnya, seringkali kita menemukan huruf x. Huruf x dalam Matematika sering atau bahkan selalu dipakai untuk menjadi tanda dari sesuatu yang akan dicari atau belum diketahui nilainya. Sempat terfikir dalam benak kita, kenapa harus memakai huruf x, kenapa tidak huruf-huruf lain seperti a, b, c, atau w mungkin? Kenapa harus x?

Bagi sebagian siswa yang sangat kritis, mereka sering menanyakan hal ini kepada guru mereka. Dan sebagian guru pun hanya menjawab pertanyaan tersebut dengan senyuman dan mengatakan untuk lebih mudahnya saja dipakai huruf x. Namun tahukah teman-teman pembaca mengapa kita memakai huruf x untuk sesuatu yang sedang dicari nilainya dalam pelajaran eksak khususnya Matematika? Ternyata dipakainya huruf x sebagai penanda sesuatu yang belum diketahui nilainya itu ada sejarahnya.

Ceritanya begini, seorang matematikawan, astronom, filsuf, dan penyair asal Persia (sekarang Iran) yang bernama Umar Khayyam (18 Mei 1048 — 4 Desember 1131) adalah seseorang yang pertama kali menggagas simbol ini. Istilah yang digunakan oleh Omar Khayyam waktu itu adalah chay. Istilah ini menyebar ke mana-mana, termasuk ke Spanyol. Oleh orang Spanyol, istilah ini dituliskan menjadi xay hingga lama-kelamaan, karena dianggap kurang praktis, akhirnya hanya huruf depan yang digunakan yaitu (x), sampai sekarang.

Nah, begitulah ceritanya hingga sampai saat ini kita bisa memakai huruf x sebagai penanda sesuatu yang belum kita ketahui nilainya dan hendak kita cari. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi teman-teman, sehingga ketika kita mengajarkan aljabar pada siswa dan mereka bertanya seperti di atas, kita dapat menjawabnya. ^_^

Sumber: kawanpustaka.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 8, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: